Ngajar Linux

Miss komunikasi. Begitulah kejadian sore tadi, aku menunggu peserta pelatihan, peserta menungguku. Kami saling berhadap-hadapan, tapi tidak ada yang saling nyapa. Lebih 30 menit membuang waktu.

Akhirnya seseorang dari mereka memberanikan diri bertanya, “Abang yang namanya Baiquni?

Iya,” jawabku. “Peserta pelatihan ya?

Sebenarnya, pemateri aslinya itu bang Farhan. Dia yang mengajar anak-anak Universitas Serambi Mekah, Banda Aceh itu linux. Sedangkan aku diformat sebagai asisten pemateri saja. Tugasku gampang, cuma melihat-melihat kalo mereka ada kesusahan, nanti tak bantuin.

Pesertanya tidak banyak. 7 Lelaki, dan 3 wanita datang belakangan.

Ceweknya ternyata cakep-cakep juga. Kalau cowoknya, bisa dipastikan cuma aku sendiri yang ganteng. Yang lain mah kalau tidak standar ya di bawah standar (narsis kumat keparat).

Aku pun bingung mau ngajar apa. Tetapi bang Farhan sudah memberitahukan bahwa materi yang diajarkan adalah membuat live usb linux. Yang ngajar materi itu bang Zahrul, sedangkan aku di belakang memberikan materi cara bakar ISO ke dalam CD.

Salah seorang peserta mengeluh, Live CD dia tidak mau jalan. Waktu aku tes ternyata benar, CD dia tidak mau booting. Aku menduga dia melakukan aksi copy-paste antar CD, tanpa membuat copy CD-to-CD. Soalnya, waktu kuberikan ISO Ubuntu 10.04 Beta, dia malah membakarnya ke dalam DVD, pantas saja Nero bajakan ogah buat bakar.

Sekitar pukul 18:00 WIB kami pun selesai. Namun pelatihan jauh dari sempurna, karena infokus ternyata TIDAK bisa digunakan. Ada seh infokus, tetapi kabel VGA-nya tidak ada.

Satu kekecewaan mendasar adalah aku tidak sempat menanyakan nama-nama mereka. Padahal ada cewek cakep yang sedari awal nanya-nanya sama aku gitu. Huehehehe, boljug tuh buat dijadiin Te-Te-eM. Mana masih muda lagi, cocok dah ama aku yang juga masih sangat muda namun dewasa ini.

Buat fans-fansku, jangan cemburu ya.

  • woi awin newek napa gak ko ajak aku…

  • qe kan kerja bang

  • Miss komunikasi itu siapa, sih, Ben?

    *berlagakbloon*

    ;P

    • misskomunikasi itu deket-deket ama miss riza rahmi, ga jauh beda

  • Ca

    Sombong

  • cok combong cih ca?

  • Ca

    Memangnya gak sombong???
    🙂
    Pa kabar qe?? Pa dah da perubahan yg berarti?

  • aku telp ga ada pun qe angkat.

  • Ca

    Tiap qe telp, aq dah tidor…
    Berarti gak nasib qe., ck..
    Eh, aq kalau teringat qe, jd kepikiran tu bidadari ketiga orangnya kecil, putih, imut, rapi, tapi tetap ada tapi (gak jelas kali apa tapinya..).
    Gimana?? Betul gak?? Hehe… Peace, :)V

  • Salah. Bidadari ketiga itu mirip qe. Cuma ada tapinya:
    – lebih shaleh
    – lebih baik
    – lebih langsing
    – lebih rajin
    – lebih-lebih yang lain deh

  • Ca

    Alhamdulillah…
    Bagus, tu… Lebihnya yang bagus2…

    Tapi kenapa bisa mirip aq?? Bohong aja…
    Oh, yang sering qe ceritain tu ya?? Tapi aq tiap qe cerita, gak konsent nyimak… Hehehe…
    Maaf…

  • Pingback: Catatan » Blog Archive » Gimp Dengan Single Window()

  • Ben,

    Suka ama cewek juga ya? ayo ngaku…. yang jujur

  • Emang suka ama cewek bang. Emangnya qe, sukanya ama cowok

  • kalimat terakhir itu, mo muntah de baca nya 😛