DigitalOcean

VPS Keren Untuk Website Paten

Pada zaman dahulu kala, ada sebuah website yang bernama baiquni.net yang sering sekali down. Bahkan berkali-kali suspend saat menggunakan jasa shared hosting. Menurut email yang masuk, pihak pengelola mengatakan bahwa resource yang digunakan website ini terlalu banyak, sampai saya sendiri bingung kenapa?

Berkali-kali ganti penyedia jasa hosting, berkali pula harus ditendang. Sampai akhirnya saya mencoba menggunakan VPS dengan tipe virtualisasi OpenVZ. Hanya bertahan sebentar namun kemudian ditendang juga. Sempat juga beralih ke dedicated server murah yang disediakan OVH, namun walau tidak ditendang, selalu saja setiap minggu saya harus merestart server karena website down tidak bisa dibuka.

Sempat frustasi juga menghadapi masalah ini, karena saat itu, pada zaman dahulu kala itu, saya sedang gandrung menulis dan sering sekali membutuhkan saluran untuk semua kegundahan, kegelisahan, dan keromantisan jiwa puitis saya ini — Bohong banget!

Sampai kemudian saya melihat status teman saya di media sosial Facebook tentang keberadaan Digital Ocean. Awalnya tertarik karena DigitalOcean menawarkan program beli sebulan gratis dua bulan! Jadi saya cukup membayar $5 di awal dan saya mendapatkan bonus $10 dari DigitalOcean. Jika membayar $50 maka saya akan mendapatkan gratis $100 balance. Begitu seterusnya.

Dengan harga $5, maka akan mendapatkan VPS bertipe virtualisasi KVM dengan RAM 512 MB dan kapasitas hardisk 20 GB. Yang menarik adalah, tipe hardisk yang digunakan adalah SSD, yang bisa dikatakan termasuk hardisk yang super cepat untuk saat ini. Karena tipe virtualisasi menggunakan KVM, maka saya dengan mudah menjadikan sebagian kapasitas hardisk sebagai RAM.

Dimulai dari akhir 2014 saya sudah menggunakan jasa DigitalOcean, tepatnya mulai tanggal 15 Desember 2014. Hampir tidak pernah down website saya semenjak menggunakan DigitalOcean. Uptime website saya ini sekarang mencapai 99,98% — benar-benar sesuatu yang membahagiakan —

Jika Anda sekarang ini sedang mencari VPS untuk kebutuhan bisnis Anda dengan harga yang murah namun tidak mengecewakan, maka saran terbaik saya adalah: coba gunakan jasa DigitalOcean.com!

Memang kelemahan dari tipe VPS bagi yang awam adalah tidak memiliki cPanel bawaan seperti yang disediakan oleh provider shared hosting pada umumnya, namun jangan khawatir. DigitalOcean.com sudah menyediakan berbagai template VPS yang siap dipakai sesuai kebutuhan Anda. Bahkan, melakukan administrasi melalui console kadang menjadi nilai lebih tersendiri karena Anda yang menentukan bagaimana sistem yang Anda inginkan!

DigitalOcean.com
DigitalOcean.com

Saya sendiri menggunakan dalam menjalankan situs ini cukup menggunakan Nginx + MySQL. Mengenai cara melakukan instalasi serta setting, ada banyak tutorial berlimpah di internet sana. Bahkan jika jeli dan berpengalaman, ada banyak tuning yang bisa dilakukan bagaimana website menjadi lebih optimal.

Kembali lagi, saran saya jika sedang membutuhkan VPS untuk online shop Anda, blog, atau berbagai hal yang tidak begitu enterpise, bisa coba gunakan jasa DigitalOCean.com, bagusnya lagi adalah program beli 1 bulan gratis 2 bulan.

Bisa saya katakan: Saya PUAS! Anda?

digitalocean

Incoming search terms:

  • Maimun Doank

    lumayan jg link ref-a ya 😀 .. Btw, dl blog ini lumayan terkenal utk galauers indonesia…

  • Referensi yang mantap.. Tapi saya g tau cara instalasinya.. Kalau reference di internet keknya kurang puas..

    • Mau instalasi untuk apa? Biasanya sudah disediakan droplet juga yang tinggal pakai

  • Thanks Infonya Gan, kagak bakalan ngerti sebelum nyoba

  • Keren Gan, sayangnya mahal, hehehe

  • saya pake blog aja yg harga 65k pe taun, wkwkwk