Smart Telecom Mengecewakan

Gambar di bawah adalah hasil speedtest kecepatan modem Smart yang baru aku beli.

Kecepatan Smart Telecom
Kecepatan Smart Telecom
Sebelumnya, aku kecewa dengan kecepatan akses internet salah satu operator telekomunikasi selular terbesar di Indonesia: Telkomsel. Aku awalnya adalah pengguna Telkomsel Flash, namun ketika turun quota, akses internet yang dijanjikan 64 kbps jauh dipanggang api. Kemarin-kemarin tidak begini, untuk sekedar browsing, kecepatan Telkomsel yang sudah habis quota masih bisa dimaklumi, namun beberapa waktu yang lalu menjadi sangat mengecewakan. Sebagai bayangan, untuk mengakses google saja aku paling tidak harus menunggu sekitar 30 detik lebih, bahkan sering sekali gagal.

Setelah berpikir panjang, akhirnya aku memutuskan untuk migrasi ke akses Smart. Aku pun pergi ke Gallery Smart untuk membeli modem. Awalnya aku ingin membeli modem Smart AC2726 dengan gratis pemakaian Platinum selama 100 hari untuk kecepatan download up to 3.1 Mbps dan upload hingga 256 kbps. Harga yang dipatok adalah Rp. 997.000,- namun ketika di sana, aku ditawari produk yang sejenis namun gratis pemakaian platinumnya adalah selama 60 hari, modemnya sama dan harganya jauh turun yaitu Rp. 650.000,-

Pertama membeli modem tersebut, tidak ada kendala sama sekali. Namun, mulai hari Minggu kemarin terjadi kekacauan yang membuat aku kecewa. Setelah mendownload file dengan kapasitas tertentu, maka kecepatan internet akan turun secara drastis menjadi 153 kbps.

Aku mencoba menelepon 882, namun tiada yang mengangkat. Sudah pula mengirimkan surat ke customercare@smartfren.com namun sampai sekarang belum juga dibalas.

Entah mungkin ada kebijakan baru bahwa jika kita mendownload file dengan ukuran tertentu maka kecepatan akan diturunkan. Aku sendiri tidak mengerti. Tetapi menurut yang aku baca, tidak ada batasan quota atas semua paket Smart. Ataukah memang ada kerusakan jaringan Smart? Tetapi mengapa sangat lama tindak lanjutnya dan mengapa selalu siang hal tersebut terjadi.

Aku pernah menggunakan modem kakakku, namun hal tersebut tidak pernah terjadi sebelum hari Minggu lalu.

Bagi pihak Smart yang mungkin membaca tulisan ini harap dikomentari dan ditindaklanjuti.

Terimakasih.

  • stevanus

    HATI HATI KALO MODEM SMART RUSAK ATO ERROR DAN MASIH GARANSI SUSAH DIPERBAIKI DAN BUTUH WAKTU BERBULAN BULAN BANYAK PENGALAMAN DARI COSTUMER SMART!!! DIPERTIMBANGKAN KALO BELI PAKET SMART!!!

  • Tetapi smart tetap lebih baik daripada produk GSM menurut pengalaman saya

  • jadi berpikir ulang mo beli smartfren deh……. Kayaknya harus setia dulu sama Telk*mfl*sh……. ๐Ÿ˜€

  • Tetapi sekarang kualitas smartfren di Banda Aceh sudah bagus kok. Saya setia karena selain murah, smartfren juga cepat, dan terutama: TANPA QUOTA.

  • ANJINBK SMARTFREN

    MEMANG ANJINK PENIPU SMARTFREN, JANGAN BELI SMARTFREN PRODUKNYA JELEK…ANJINK………….SMARTFREN……….ANJINGGG…….

  • jailsinggih riyadi

    aku juga gitu habis download film kira” 3 GB langsung turun buat buka fb aja setengah jam baru slesai paket saya 90rb/bln premium baru 10 hari keok..

  • aku juga dering nemuin masalah begitu, sinyal full, namun sangat susah buka browser, akhir pindah sementara ke GSM ๐Ÿ˜€

    • Permasalahan CDMA memang begitu. Beda metode dengan GSM. Kalau GSM lebih banyak bisa nampung pemakai.

  • JinxBandit

    modem smarfrenku aneh lagi,,
    udah beli 2 bulan ini

    ketika connect kecepatan donlod hanya 0 – 10 kbps…
    jd harus berkali2 copot pasang modem sampe dapet kecepatan normalnya (40-60 kbps)

    • saya juga, kadang harus refresh berulang biar suatu website bisa dibuka dengan smartfren