Beri Aku Luka

It’s because I can feel pain that I was able to grow stronger.

— Sun Ken Rock —

Sun Ken Rock
Sun Ken Rock
Itu salah satu percakapan antara Sun Ken Rock dengan seorang lawannya. Aku membacanya di situs mangahere.com. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari di dunia ini, termasuk dari sebuah komik. Dan dialog tersebut sangat terasa bagi saya, sebagai salah satu fans setia komik Sun Ken Rock.

Manusia sering membutuhkan luka untuk belajar menjadi dewasa. Memang tidak menjadi keharusan, sebagian bisa dipelajari dari pengalaman hidup orang lain, namun untuk beberapa kasus, pelajaran cuma mampu didapatkan dari sejumlah luka.

Filosofi ini sering aku dapatkan ketika mengikuti ujian. Ketika ujian diberikan, pikiran terfokus berkonsentrasi untuk mencari sejumlah jawaban. Merunut ulang setiap apa yang telah dipelajari, membayangkan, membangun diagram dan sejumlah peta pemikiran. Biasanya, jika kita belajar ketika ujian sedang berlangsung, pelajaran itu akan lebih mengena. Atau, misal kita menyontek saat ujian, mungkin jawaban contekan itu akan terus terngiang.

Pelajaran dari luka yang menganga akan terus diingat sepanjang masa.

Telah lama saya menyadari hal tersebut. Namun, variabel dasar manusia yang tidak ingin terluka menolak saya untuk memburu sejumlah luka. Saya selama ini mencoba menghindari semua konflik, persinggungan, atau perseteruan. Tidak juga mencoba membangun luka-luka yang dapat saya pelajari, tidak mencoba belajar tangguh menghadapi kejamnya dunia.

Hidup dari ketersediaan kebutuhan membuat saya tidak begitu aware dengan apa yang terjadi kepada dunia. Saya menjadi pribadi yang tidak sigap dan cenderung mudah menerima perubahan. Selalu menganggap semua orang baik, dan tidak berhitung ketika memberi. Beberapa orang mungkin mencoba peduli soal uang, tetapi saya tidak demikian. Mungkin ini semua terjadi karena saya belum merasa susahnya mencari uang.

Namun, saya mencoba menebak, ke depan, luka-luka akan mulai datang menghampiri saya. Mulai dari cinta yang kehilangan pegangan, kuliah yang kesulitan dengan nilai-nilai, dan uang yang tidak lagi ramah seperti dulu. Andai ini benar terjadi, sebaiknya yang saya lakukan sekarang bukanlah menyiapkan air mata saat sedang terluka, namun mencoba mempersiapkan lengkap semua kotak P3K.

Hidup tidak cuma perjalanan, namun juga adalah prediksi. Mimpi adalah perwujudan keinginan yang hendak kita capai.

Teman, sepanjang hidupmu, telah ada berapa luka yang engkau dapati? Apakah engkau belajar dari luka itu, atau kembali mengulanginya. Seperti keledai, yang jatuh pada lubang yang sama.

  • kumal

    abg ni suka nyontek ternyata… ckckckck

  • Saya punya banyak luka. Terkadang saya belajar dari luka-luka itu, dan paling sering menjadi keledai.