Microsoft Membeli Skype Seharga 8.5 Milyar USD

Setelah diisukan akan dibeli oleh Google dan Facebook, akhirnya Skype dibeli oleh Microsoft dengan harga $8.56 Milyar USD. Microsoft mengumumkan hal tersebut bahwa mereka telah membeli Skype dengan pembayaran tunai.

Skype
about.skype.com
Tahun lalu, Skype mencatat laba sebesar $860 juta dengan pembukuan laba operasional sebesar$264 juta, tetapi secara keseluruhan menimbulkan kerugian kecil sebesar $7 juta dengan hutang jangka panjang senilai $686 juta.

Ini adalah kali kedua Skype dibeli setelah sebelumnya pada tahun 2003 dibeli oleh eBay dengan nilai pembelian sekitar $3.1 milyar USD. Kemudian pada tahun 2009, eBay menjual Skype kepada sebuah perusahaan swasta senilai $1.2 milyar USD.

Sepanjang sejarah, ini adalah pembelian terbesar Microsoft yang pernah ada setelah pada tahun 2007 Microsoft mengakuisi sebuah perusahaan periklanan eQuantive sebesar $6 Milyar USD. Cukup mengejutkan memang. Terlebih jika kita ketahui bahwa sebenarnya Microsoft memiliki aplikasi sejenis yang telah dikelolanya cukup lama yaitu MSN Messenger.

Rasa agak tumpang tindih antara akuisisi Skype ini mengingat Microsoft telah memiliki layanan sejenis yaitu MSN Messenger di mana ada sekitar 330 juta pengguna di seluruh dunia dengan user aktif setiap bulannya sekitar 40 juta orang. MSN Messenger juga menyediakan layanan text messanging, voice, dan video chat. Skype sendiri ditenggarai cuma memiliki 140 user aktif setiap bulannya dengan koneksi aktif 30 juta user secara simultan. Namun, ada yang harus digarisbawahi adalah bahwa Skype memiliki 8 juta pengguna yang membayar mereka untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Kita tunggu saja gebrakan Microsoft terhadap Skype. Semoga akuisisi tersebut semakin membuat indah dunia internet di dunia ini. Semoga saja.

  • iya gan, skyp sekarang udah bisa syinc ama akun live jadi pakai lumia tambah asik telfonan pakai skyp…