Briptu Norman Dipecat

Briptu Norman Dipecat

Setelah berulang kali berulah dan bertingkah indisipliner serta mangkir dari tugas sebagai abdi negara pada bidang kepolisian, akhirnya pihak kepolisian mengambil langkah yang menurut saya cukup melegakan dan mengakomodir semua pihak: Briptu Norman dipecat!

Berikut ini petikan berita dari detik.com:

Jakarta – Sidang kode etik Polda Gorontalo memutuskan anggota Brimob Briptu Norman Kamaru diberhentikan secara tidak hormat alias dipecat. Sejak hari ini Norman dilarang memakai Briptu di depan namanya.

Sudah selesai sidangnya. Putusannya PDTH yaitu pemberhentian dengan tidak hormat,” kata Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Lisma Dunggio, saat dihubungi detikcom, Selasa (5/12/2011).

Lisma mengatakan dalam putusan tersebut, Norman dinilai telah melanggar pasal 14 ayat 1 huruf a Peraturan Pemerintah RI No 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota kepolisian negara RI. Norman dianggap disersi yakni selama 30 hari berturut-turut tidak masuk kerja.

Yang bersangkutan tidak masuk kerja dianggap disersi,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Lisma, Norman tidak berhak lagi menyandang Briptu di depan namanya. Jika anggota Polri dipecat dengan hormat, maka orang tersebut bisa menggunakan nama pangkatnya disusul dengan purnawiraan.

Menurut Lisma, setelah ini akan ada upacara pelepasan baju dinas terhadap Norman. Namun kapan jadwalnya, Lisma belum mengetahuinya.

Mulai hari ini sudah tidak berhak lagi,” ungkapnya.

Lisma menceritakan saat pembacaan putusan tersebut, Norman yang diwakilkan orang tua dan kakaknya tersebut menerimanya. Sejak sidang kedua, Norman dan keluarga memang sudah bersikukuh dengan keputusan untuk berhenti dari institusi Polri.

Dia bilang dia malah sudah capek tidak mau mengubah lagi. Pokoknya mau berhenti. Itu sudah ditanyakan pas sidang kedua waktu itu,” ucapnya.

(gus/vit)

Setelah sebelumnya sempat terkenal dan menjadi fenomenal, polisi yang senang berjoget India serta menari hula-hula – Briptu Norman mulai jengah dengan institusi yang telah mewadahi hidupnya selama 5 tahun terakhir ini. Dengan alasan bosan yang selalu dikatakannya dalam beberapa status facebook yang bersangkutan.

Saya merasa ada udang di balik batu atas tindakan Briptu Norman tersebut. Kita, sebagai rakyat Indonesia tidak boleh menyalahkan Briptu Norman sepenuhnya. Bisa jadi, Briptu Norman dalam kesatuannya mendapatkan tekanan yang tidak layak, entah itu dari sesama rekan atau atasannya berkaitan dengan aksi panggung dia di beberapa media. Hal tersebut seperti bisa terbaca dari beberapa status Briptu Norman seperti “… terima kasih atas cacian dan binaannya …

Kita doakan saja, semoga dengan pemecatan ini menjadi jalan terbaik bagi polri dan juga Briptu Norman, atau mungkin harus saya katakan Norman saja karena selepas pemecatan dia tidak lagi menyandang gelar Briptu.

Briptu Norman Dipecat

Incoming search terms:

  • Kasihan Norman. Katanya minta mengundurkan diri gak dikasih, eh malah dipecat secara tidak hormat. πŸ™ Entah ah yang mana yg bener. πŸ™