DNS Server Error. Capeee deh

Hari ini kacau… bener-bener kacau. Sebenarnya dimulai dari kemarin sech.

DNS serverku hang, harus diinstall ulang… semuanya menjadi semakin ruwet!. Customer-customer hosting pada mulai ribut semua, pada mencak-mencak. Duch… susah dech jadi support center yang baik, harus sering-sering elus dada.

Sebelumnya, banyak customer yang protes soal script error lah, ini-itu lah, dll. Kemaren ada customer yang tanya (lebih tepatnya keluhan .red) kenapa yach script PHP dia error, padahal saat dicoba di localhost dia mau. Awalnya saya menduga ada differensiasi antara pengcodean PHP5 dengan PHP4. Namun yang terjadi bukanlah hal yang terlalu perbeda, hanya masalah seni dalam memprogram. Ternyata sang client lupa melakukan inisialisasi variabel yang di set dalam pengiriman ke post. Dia tidak menggunakan $id = $_GET[‘id’].


Lalu masalah kedua yang belum saya check adalah customer berikutnya yang databasenya error dan function mail() tidak mau jalan. Untuk soal itu saya belum cek secara menyeluruh. Namun dia bersikukuh tidak ada yang salah dengan pemogramannya karena di server lain semua hal itu berjalan sebagaimana biasanya. Yach… mau dibilang apa. Toh saya juga masih sangat awam dengan masalah pemograman dan segala tetek-bengeknya.

Dan masalah yang paling crusial adalah masalah DNS. Entah kenapa server kami sering banget mati DNS-nya, aneh banget. Kemarin saat mengirimkan keluhan kami ke pihak terkait, dikatakan bahwa masalah DNS sudah fixed, namun ternyata kembali berulah.

Duch… susah dech, dan yang lebih crusial lagi adalah “SAYA TIDAK PAHAM KONSEP DNS“.

Jadi komplit hari ini saya lelah banget, muka ditebalin, dan benar-benar-benar-benar-benar-benar capeee dech.

Ya Allah… tolong…

Mau berbisnis aja kok repot
– kata Gusdur